Profesor Slamet

Saya beruntung bisa memiliki buku berjudul Warna-Warni Pengalaman Hidup R. Slamet Iman Santoso, sebuah buku autobiografi yang mengisahkan perjalanan hidup Prof. Slamet Iman Santoso, Guru Besar Universitas Indonesia. Pertama kali saya membaca, isinya sudah langsung menarik perhatian saya. Bukan saja karena tema-nya, tapi juga karena gaya bertuturnya yang blak-blakan serta memiliki ketegasan a la dosen galak.  Tulisan-tulisan beliau berkisah mulai dari masa kecilnya di zaman Belanda, masa tugasnya di zaman pendudukan Jepang, masa awal kemerdekaan, masa pemerintahan Orde Lama, serta Orde Baru. Semakin dalam membaca buku tersebut, saya merasa semakin kerdil. Pendidikan yang saya tempuh, terutama selama 5 tahun kuliah di Fisip Unpad serasa tidak ada apa-apanya. Padahal saya begitu bangga kala berhasil lulus UMPTN kala itu.

Melalui pengalaman-pengalamannya, saya bisa melihat betapa busuknya tingkah laku orang yang mabuk kekuasaan, sehingga kehilangan integritas dan prinsip hidup. Saya jadi gemar mengutukisegala kebusukan yang ada di negeri ini (sejak dulu!!). Dari perjalanan hidup beliau, terlihat bahwa orang-orang yang ber-integritas seperti beliau tidak akan pernah menduduki jabatan tertinggi. Sifat tidak mau cari muka serta tegas dan memiliki prinsip tidak masuk dalam kategori pemimpin bagi bangsa ini.

Dalam salah satu tulisannya yang menceritakan pengalaman diperiksa oleh KOTI (Komando Operasi Tertinggi) pada masa Presiden Soekarno, beliau bercerita bahwa pada saat itu ia selamat dari pemeriksaan karena setelah melalui interogasi berjam-jam kesimpulannya hanya mengarah pada suatu pendapat dimana “Prof. Slamet adalah orang yang jujur, tapi tidak berbahaya, karena saking jujurnya, ia akan selalu sendirian, tidak ada pengikutnya!!”.

Terinspirasi akan spirit yang saya dapatkan setelah membaca buku tersebut, maka saya merasa berkewajiban untuk membagikannya. Tanpa maksud mengurangi hormat terhadap beliau ataupun merugikan penerbit dan penulis, maka saya hanya mengambil cerita-cerita tertentu saja untuk ditampilkan. Apabila suatu saat buku tersebut dicetak ulang dan kembali dikomersilkan (cetakan terakhir hanya untuk dibagikan di kalangan keluarga, kerabat serta relasi), maka saya akan menghapus isi blog ini.

Selamat belajar!!!😀

Leave a Reply

