4

Kuis Alkitab

*Dipublikasikan pertama kali di panji-rastra.blogspot.com pada 30 Juli 2009…
Kuis Alkitab adalah salah satu games yang paling mudah dibuat untuk meramaikan suatu kegiatan ibadah baik untuk anak-anak, remaja maupun pemuda/i. Bentuk kuis berikut saya terapkan pada pelaksanaan Ibadah Alam Gabungan Pelayanan Anak, Persekutuan Teruna dan Gerakan Pemuda GPIB jemaat Efata Tenggarong. Semoga bermanfaat……

1. Babak I (pertanyaan berdasarkan Tema) Disediakan beberapa tema yang ada di dalam Alkitab seperti: Penciptaan, Penyaliban, Pembebasan bangsa Israel, Perjalanan Yesus, dan lain-lain. Setiap kelompok mendapat giliran untuk memilih tema dan mendapatkan pertanyaan yang berhubungan dengan tema yang dipilih. Biasanya mereka akan memilih tema yang “terdengar” mudah, seperti Penciptaan. Dan berupaya “menghindar” dari tema yang agak kurang dikuasai, semisal Perumpamaan Yesus atau yang lainnya. Nah, untuk lebih menarik, sebaiknya setting pertanyaan dibuat sedemikian rupa sehingga apa yang tampak mudah sebenarnya menyimpan pertanyaan yang sulit.

Peraga : AGP Efata Tenggarong, Bung Anis (kiri, berambut pirang) dan Maruli Sinaga (kanan, berbaju merah)
2. Babak II (Tebak tokoh). Kali ini yang disediakan adalah beberapa “Kata Kunci” yang menjadi petunjuk akan tokoh yang ada di pertanyaan. Namun kata kunci yang dibuat haruslah yang umum dan jangan bersifat “khas”. Contoh : kata kunci “Bahtera”, jelas menunjuk kepada Nabi Nuh! Tapi bila kita memasukkan kata kunci “Berani”….nah yang ini sih banyak sekali tokoh di dalam Alkitab yang memiliki keberanian. Dengan demikian kuis akan lebih menarik bukan??
Dalam kuis kemarin saya menggunakan kata2 sebagai berikut:
TERPEDAYA>> Tokoh yang terpedaya oleh wanita >> Simson
MIMPI>> Tokoh yang mimpi bergulat dengan Tuhan >> Israel / Yakub
dan yang lainnya….


3. Babak III (Alkitab vs Pengetahuan Umum
Babak paling seru dalam kuis ini…(menurut saya sebagai pembuatnya tapi…hehehe). Dalam babak ini, mulai ada pertanyaan rebutan. Pertanyaan rebutan tersebut digunakan untuk menentukan kelompok mana yang berhak membuka “Kotak” berisi pertanyaan. Untuk lebih jelasnya lihat dulu gambarnya yah….

Saya membuat 6 “Kotak” pertanyaan, untuk bisa memilih kotak dan membuka pertanyaan, maka terlebih dahulu diberikan kuis rebutan dengan pertanyaan2 singkat. Setelah salah satu kelompok berhasil menjawab pertanyaan maka berhak untuk memilih ke-6 kotak yang tersedia yaitu Sejarah, Sastra, Politik, Olah Raga, Ekonomi, Geografi ( bisa ditambahkan lagi). Di masing-masing kotak sudah ada pertanyaan awal yang ditampilkan. Pertanyaan tersebut adalah “Kunci” untuk memunculkan pertanyaan utamanya. Jadi setiap kelompok yang berhasil mendapat kesempatan memilih kelompok harus terlebih dahulu mencermati pertanyaan awalnya. Kalau kira2 tidak tahu jawabannya maka akan percuma saja. Sebab pertanyaan utamanya tidak akan terbuka. namun kalu memilih yang pertanyaan awalnya mudah pun belum tentu bisa menjawab pertanyaan yang ada di dalam, dan Kotak dengan pertanyaan awal yang sulit pun bisa jadi menyimpan pertanyaan utama yang mudah…hehehe…seperti contoh berikut :

Kotak Sastra, pertanyaan awal ( yang ditulis dibawah kata SASTRA) “Siapakah pengarang Harry Potter?” haha…pastinya banyak yang tahu soal ini…karenanya kotak inilah yang pertama dibuka. tapi ketika kelompok yang berhasil membuka kotak ini menghadapi pertanyaan utamanya…apa yang terjadi?? Mereka gagal menjawab pertanyaan Alkitab-nya..yaitu, “Siapakah Penulis Kitab Kidung Agung?”…rupa2nya nama JK Rowling lebih tenar dibandingkan Raja Salomo….hehehe..
Kotak Olahraga, pertanyaan awal (saya membuat pertanyaan yang terlalu sulit rupanya karena tidak ada yang berhasil membuka kotak ini) “Siapakah peraih medali emas cabang LARI 100 M Putra pada Olimpiade Beijing 2008?” jawabnya Usain Bolt…sulit memang, tapi layak, karena pertanyaan utamanya mudah saja…yaitu ” Siapakah tokoh dalam Alkitab yang LARI dari tugas yang diberikan Tuhan untuk pergi ke Kota Niniwe?”….haha..mudah kan?
Apabila sudah ada kotak yang terbuka namun pertanyaan utamanya belum bisa dijawab, maka kotak tersebut masih bisa untuk dipilih oleh kelompok lainnya. Lumayan seru dan cukup mudah untuk membuatnya, semoga bermanfaat dalam pelayanan. Tuhan Memberkati…….
Berikut beberapa gambar pada saat kuis berlangsung…:

2 thoughts on “Kuis Alkitab”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s